Khasiat Buah Tin

on Senin, 15 April 2013

Khasiat buah tin memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia, dan Allah SWT sudah memberitahukan kepada manusia sejak dahulu melalui Para Utusannya, sehingga tidak asing lagi buah tin atau buah ara ini sering disebutkan diberbagai kitab Suci. Artikel ini mengulas beberapa khasiat buah tin yang sudah diketahui oleh manusia melalui penelitian dan pembuktian. Maka jangan lewatkan artikel ini dengan membacanya secara keseluruhan untuk mengetahui berbagai manfaat yang terkandung di dalam buah tin.

Sumber dari Traditional Chinese Medicine menyatakan Khasiat buah tin sangat baik untuk kesehatan dan baik untuk sakit demam, sakit telinga, bisul, wasir, mencegah penyakit kelamin, meningkatkan kesehatan hati, bekerja sebagai disinfektan jika digunakan secara eksternal, mengurangi rasa sakit dan peradangan, termasuk pengobatan seksual, anemia, lemah syahwat, sembelit, gangguan pencernaan, diabetes, batuk, bronkitis, dan asma, mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya memori. Hal ini juga membantu dalam menambah berat badan setelah sakit.


Khasiat buah tin untuk kesehatan sangat menakubkan, karena buah tin mengandung banyak mineral, vitamin dan serat di dalamnya. Buah tin mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, zat besi, fosfor, mangan, sodium, potasium klorin, flavonoid, dan enzim pencernaan yang disebut fisin, mineral yang penting untuk membangun sel-sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Buah tin mengandung kalsium yang sangat tinggi, Selay buah tin atau buah tin yang dikeringkan mengadung jumlah kalsium yang sama seperti yang terdapat didalam susu. Buah Tin kaya flavonoid dan polifenol. Buah tin dikenal sebagi penenang untuk mengurangi stres dan sebagai pencahar. Buah tin rendah lemak dan gula walaupun rasa Buah tin sangat manis.


Kalsium:
Penelitian menunjukkan bahwa 80% orang Amerika tidak mengkonsumsi jumlah kalsium yang cukup setiap hari. Mayoritas kalsium yang dikonsumsi oleh orang-orang di AS berasal dari produk susu. Namun, Buah tin adalah sumber kalsium yang baik. Ini juga bermanfaat bagi mereka yang mengalami gangguan laktosa. Lima buah tin mengandung kalsium sekitar 250 mg yang merupakan tingkat kebutuhan harian yang direkomendasikan.


Vitamin B6:
Buah Tin merupakan sumber yang baik dari vitamin B6 bila dibandingkan dengan buah-buahan lainpada umumnya. Buah tin mengandung 110 mg vitamin B6 per 100g. Vitamin B6 memungkinkan tubuh untuk menyimpan energi dari protein dan karbohidrat dari makanan yang kita makan dan juga membantu untuk membentuk hemoglobin.


Sebuah penelitian yang dilakukan Traditional Chinese Medicine pada buah - buahan yang dikeringkan menunjukan bahwa Buah tin mengandung antioksidan tingkat tinggi, yaitu fenol yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas. Dari buah yang diuji, buah tin kering dan plum terbukti unggul untuk semua buah-buahan kering lainnya dalam hal kandungan antioksidan.

Karena kadar air yang tinggi, buah tin juga bermanfaat sebagai pembersih kulit yang sangat baik dan membantu dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat.

Salah satu agen aktif dalam buah tin adalah benzaldehida. Orang Jepang mengidentifikasi bahan ini setelah memberikan kepada pasien kanker dan melihat hasil yang dramatis. Para pasien umumnya hidup lebih lama.

Khasiat buah tin untuk kesehatan:
Buah tin adalah satu di antara makanan yang paling sangat alkali, yang sangat dibutuhkan dalam menyeimbangkan keasaman cairan tubuh. Buah tin dianggap sebagai obat yang memberikan kekuatan dan energi. Mereka menghilangkan kesulitan fisik dan mental. Buah tin juga dianjurkan dalam pengobatan asma, batuk, menggigil, sembelit dan masalah pencernaan.


Khasiat buah tin untuk menunda penuaan:
Menurut California Fig Advisory Board, diyakini bahwa antioksidan dalam buah tin melindungi terhadap penuaan dan sejumlah penyakit. Antioksidan menetralkan zat-zat berbahaya (radikal bebas) yang timbul sebagai akibat dari reaksi kimia dalam tubuh atau pengaruh dari luar dan dengan demikian buah tin mencegah kerusakan sel - sel tubuh yang disebabkan hal tersebut. Dalam satu penelitian yang dilakukan oleh University of Scranton, ditetapkan bahwa buah tin kering memiliki kandungan fenol yang sangat tinggi, yang kaya akan antioksidan, dibandingkan buah lainnya. Fenol digunakan sebagai antiseptik untuk membunuh mikro-organisme.

Khasiat buah tin untuk meningkatkan kesehatan pencernaan:
Penelitian selama lima belas tahun terakhir ini telah mengungkapkan bahwa serat dalam makanan nabati sangat penting untuk fungsi sistem pencernaan. Hal ini diketahui bahwa serat dalam makanan membantu sistem pencernaan, sakit perut dan juga membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Ahli gizi mengungkapkan bahwa dengan memakan buah tin, yang banyak mengandung serat, adalah cara yang ideal untuk meningkatkan asupan serat untuk tubuh kita.

Khasiat buah tin Mencegah sembelit:
Buah tin tin bukti membantu dalam menjaga fungsi usus yang sehat dan mencegah sembelit. 

Khasiat buah tin untuk menurunkan berat badan:
Dr Oliver Alabaster, Direktur Institut Pencegahan Penyakit di George Washington University  Medical Centre mengungkapkan bahwa buah tin dapat digunakan untuk diet khusus. Karena buah tin tidak mengandung lemak, natrium atau kolesterol tetapi memiliki kandungan serat yang tinggi dibandingkan buah atau sayuran lainnya. Satu buah tin kering mengandung dua gram serat yang merupaka 20% dari asupan harian yang direkomendasikan. buah tin adalah makanan ideal bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Perhatian - buah tin juga menyebabkan kenaikan berat badan, terutama ketika dikonsumsi dengan susu.

Khasiat buah tin untuk insomnia:
Buah tin mengandung  nutrisi yang disebut triptofan. Hal ini menginduksi tidur yang baik dan membantu otak dalam penggunaan glukosa dengan benar, mendorong dan merangsang sirkulasi yang baik, sehingga memberikan tidur yang baik dan berkuwalitas.

Khasiat buah tin untuk memperbaiki daya ingat:
Buah tin banyak mengandung gula alami bahkan sampai 60%. Gula merangsang otak sehingga kita dapat berpikir lebih cepat dan mengingat informasi lebih cepat. Sehingga Anda dapat berpikir lebih jelas dan lebih cepat. Buah tin adalah bahan bakar utama otak!

Khasiat buah tin untuk mengatasi kelelahan
:
Buah tin segar mengandung hingga 80% air, serta menjadi salah satu buah dengan tingkat gula alami tertinggi. Jadi buah tin merupakan sumber energi dan meningkatkan kecerdasan otak. Membuat Anda lebih waspada, responsif, segar, serta membersihkan racun - racun yang ada di dalam tubuh kita.

Khasiat buah tin untuk peremajaan kulit:
Karena kandungan air yang tinggi di dalam buah tin, maka buah tin sangat baik untuk memperbaiki kulit. Kulit memerlukan tingkat air yang baik. Ini akan membersihkan kulit, bertindak sebagai pembersih, menghilangkan jerawat, mengurangi minyak, dan memelihara kesehatan secara umum.

Khasiat buah tin untuk mengatasi stres:
Stres sering dipicu oleh hal - hal dunia antara lain karena pekerjaan yang menumpuk , penyakit, pola makan tidak benar, kurang tidur, masalah keluarga, masalah pekerjaan, masalah sekolah dan sebagainya. Buah tin mengadung gizi dan nutrisi yang sangat tinggi, dan ini sangat baik untuk mengatasi stres dan kecemasan. Satu buah tin mengandung sekitar 50 kalori. Dan buah tin merupakan makanan ringan yang bergizi tinggi.

Khasiat buah tin untuk mengatasi Anemia:
Buah tin mengandung zat besi yang memperkaya darah, dan membantu untuk memproduksinya. Dengan demikian, buah tin sangat untuk wanita, anak perempuan dan mereka yang menderita Anemia (kekurangan zat besi).

Khasiat buah tin menurunkan kadar kolesterol
:
Penelitian yang dilakukan oleh Rutgers University di New Jersey, mengungkapkan bahwa buah tin mengandung Pektin, yaitu serat larut. Ketika serat melewati sistem pencernaan, maka akan mengangkut kolesterol dan membawa kolesterol keluar dari tubuh.

Khasiat buah tin dapat mencegah penyakit jantung koroner:
Buah tin mengandung fenol, Omega-3 dan Omega-6. Asam lemak mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Khasiat buah tin mencegah kanker:
Kandungan serat dalam buah tin membantu untuk membersihkan dan mengantar keluar zat - zat menyebabkan kanker, juga memberikan perlindungan terhadap kanker payudara.

Khasiat buah tin untuk penderita diabetes:
Buah tin dapat mengontrol kadar insulin dalam tubuh dan dengan demikian sangat membantu bagi mereka yang menderita diabetes. buah tin juga mengandung kalium yang mengatur kadar gula darah, daun tin memiliki sifat anti-diabetes

Khasiat Buah tin dapat mencegah hipertensi:
Kita mendapat asupan natrium dalam bentuk garam. Kalium yang rendah dan tingkat natrium yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi. Buah tin yang tinggi kalium, tetapi rendah sodium, hal ini membantu untuk menghindari hipertensi.

Khasiat buah tin mengatasi impotensi dan ejakulasi dini:
Buah tin sudah dikenal sejak jaman dahulu untuk meningkatkan gairah seksual. Rendam 2-3 buah ara dalam susu semalam dan memakannya di pagi hari untuk meningkatkan daya seksual Anda. Hal ini juga membantu dalam menaikan berat badan.

Khasiat buah tin memperkuat tulang:
Buah tin mengandung kalsium (79 miligram dalam porsi 8 oz-berat), sebuah mineral yang memiliki banyak fungsi termasuk memperbaiki kepadatan tulang. Selain itu, kalium dalam buah tin juga dapat menangkal hilangnya kalsium, urin meningkat yang disebabkan oleh kekurangan garam, sehingga mencegah pengeroposan tulang dengaan cepat. Dalam pengobatan Cina, Buah tin juga digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kerusakan gigi. Tapi hati-hati, buah tin kering rasanya sangat manis, akan tetapi buah tin kering dapat direndam semalam untuk untuk mengurangi rasa manis.

Khasiat buah tin mencegah degenerasi makula:
Buah tin dan buah - buahan pada umumnya dapat mencegah hilangnya pengelihatan pada orang tua yang disebabkan oleh degenerasi makula.

Khasiat buah tin mengobati sakit tenggorokan:
Isi lendir yang tinggi dalam buah tin, membantu untuk menyembuhkan dan melindungi sakit tenggorokan.

Khasiat buah tin menurunkan demam dan mengobati gangguan pernapasan:
Buah tin dapat mengencerkan dahak, buah tin juga mencegah asma, bronkitis, batuk, dan batuk rejan. Demam juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah ara.

Buah tin mengandung omega-3 dan omega-6 yang tidak dapat diproduksi dalam tubuh dan harus disuplai dari makanan. Selain itu, asam lemak ini sangat penting bagi berfungsinya sistem jantung, otak dan syaraf. Fitosterol memungkinkan kolesterol dalam produk-produk hewani, yang memiliki potensi untuk mengeraskan arteri jantung, yang akan dikeluarkan dari tubuh tanpa memasuki aliran darah.

Dengan mengkonsumsi buah tin, kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, dan semua itu telah diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW,  dengan menyebutnya buah syurga, bahkan Allah SWT bersumpah dengan nama buah ini dan menjadi nama sebuah Surat di dalam Al-Quran.

Marilah kita berinfestasi untuk diri kita dan keluarga kita, untuk memberikan kesehatan yang lebih baik dengan menanam sendiri pohon tin ini di pekarangan rumah kita, untuk cara membeli bibit pohon tin silahkan Anda klik disini
 
Ranking: 5

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar